Talk About joomla

Di postingan saya yang sebelumnya saya telah menjelaskan apa itu Open Source. Nah, di posting saya yang sekarang ini saya akan menjelaskan salah satu contoh software Open Source yaitu joomla!. Pada bagian ini saya tidak akan menjelaskan proses instalasi joomla. Proses instalasi akan saya jelaskan di postingan saya selanjutnya. Let’s start now…

1. Apa itu joomla!

Joomla! adalah sebuah Content Management System (CMS) yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk keperluan pembuatan website, mulai dari yang sangat sederhana sampai dengan website yang sangat kompleks. Berikut ini beberapa jenis website yang dapat dibangun dengan Joomla.

a.       Website corporate atau portal

b.      Website e-commerce

c.       Website untuk organisasi Non-profit

d.      Website untuk Pemerintah

e.      Website untuk sekolah dan Perguruan Tinggi

f.        Website Pribadi atau blog

g.       Dan masih banyak lagi……

Begitu banyak aplikasi yang dapat ditangani oleh Joomla, tak heran kalau Joomla menjadi pilihan banyak orang dalam pembuatan website-nya. Di samping itu, Joomla juga mudah di installasi, mudah dalam pengelolaannya dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan kita. Oleh karaen itu Joomla mempunyai prinsip, fleksibel, simple, elegant, customizable, dan powerful.

2. Asal-muasal joomla!

Joomla! merupakan pengembangan dari open source project Mambo, yang dahulu sering disebut sebagai Mambo Open Source atau MOS. Mambo sebenarnya dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Miro. Miro memberikannya kepada komunitas open source (komunitas pengembang) sebuah variant WCMS yang gratis untuk dikembangkan. Setelah menyerahkannya pada komunitas, MOS

berkembang dengan baik. Pada bulan Agustus 2005 terjadi perselisihan prinsip antara pihak komunitas pengembang MOS dengan MIRO. Akibat perbedaan prinsip ini, beberapa orang tim MOS keluar dari project tersebut dan akhirnya membentuk project open source baru yang diberi nama Joomla. Kata Joomla sendiri diambil dari kata Jumla, bahasa Suaheli dari penduduk Kenya dan Tanzania di benua Afrika yang berarti “all this together”.

header_short

Joomla!

3. Struktur File dan Direktori Joomla

3.1   Struktur File

File yang dibahas disini adalah file-file penting yang terletak di root direktori server Joomla, yaitu :

a.       Index.php, merupakan file utama untuk menampilkan halaman web Joomla. Beberapa pengaturan joomla terdapat pada file ini. Jika kita mengakses file ini, berarti kita membuka halaman depan website Joomla.

b.      Configuration.php, merupakan file yang terbentuk saat kita melakukan proses instalasi Joomla. Pada file ini terdapat pengaturan untuk koneksi ke database, dan pengaturan penting lainnya. Jika file ini rusak, website Joomla tidak akan berfungsi.

c.       Copyright.php, file ini berisi tentang hak cipta website CMS Joomla.

d.      License.php, file ini berisi informasi tentang lisensi website CMS Joomla.

e.      Mainbody.php, merupakan file pendukung yang sangat penting dalam mengatur tampilan berita di website.Joomla.

f.        Pathway.php, sebuah file yang berfungsi untuk menggmbarkan urutan proses aplikasi yang ada di Joomla.

3.2   Struktur Direktori

Joomla mempunyai beberapa direktori yang mempunyai fungsi tersendiri. Setiap direktori mempunyai subdirektori dan file-file pendukung sesuai fungsinya. Berikut ini adalah struktur direktori Joomla :

a.       Administrator, merupakan direktori khusus administrator untuk keperluan pengelolaan website Joomla. Mulai dari proses installasi modul, komponen, Mambot, bahasa sampai dengan proses maintenance web secara keseluruhan.

b.      Cache, merupakan sebuah direktori khusus yang berfungsi untuk menyimpan data sementara di komputer pengguna, tujuannya adalah mempercepat proses loading web jika dibuka pada waktu lain fungsinya sama dengan memori komputer.

c.       Components, merupakan direktori tempat menyimpan seluruh komponen yang terinstall di website Joomla.

d.      Editor, merupakan sebuah direktori yang berfungsi untuk menyimpan berbagai editor yang diinstall pada website Joomla.

e.      Help, merupakan sebuah direktori khusus untuk menampilkan bantuan jika kita menemukan Kendala dalam menggunakan Joomla.

f.        Images, adalah direktori tempat menampung file-file gambar guna keperluan website Joomla.

g.       Includes, merupakan direktori pendukung bagi aplikasi joomla yang lainnya.

h.      Installation, direktori yang digunakan dalam proses installasi website Joomla. Jika proses installasi selesai, direktori ini sebaiknya dihapus, untuk mempertimbangkan keamanan web dimasa dating.

i.         Language, sebuah direktori khusus untuk menampung jenis-jenis bahasa yang dapat digunakan di website yang multi bahasa.

j.        Mambots, sebuah direktori untuk menampung tool tambahan dari Joomla, Misalnya, mos images, mos pagebreak,dll.

k.       Media, sebuah direktori yang diperuntukkan untuk menyimpan dan mengupload file-file ke dalam website Joomla, baik file gambar maupun teks.

l.         Modules, tempat menyimpan modul-modul yang terinstal di website Joomla.

m.    Templates, tempat menyimpan semua template yang terinstal di website Joomla.

4. Kesimpulan

Sekarang anda sudah mengetahui bahwa terdapat aplikasi pembuat website yang berbasis Open Source yaitu JOOMLA! yang tidak kalah hebatnya dengan aplikasi-aplikasi yang berbasis Close Source. Bahkan bisa dibilang Joomla lebih hebat dari aplikasi-aplikasi yang lain karena mudah dalam melakukan instalasi, pengelolaan, dan modifikasi (bisa dibilang User Friendly). Jadi, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak beralih ke Open Source. Let’s move…

5. Daftar pustaka

a.       ilmukomputer.com

b.      Ebook MODUL JOOMLA : Peningkatan Teknologi informasi

c.       joomla.org

d.      google.com

2 Responses

  1. Bahas tentang kodimgnya joomla dunk…mo ikutan ngembangin ne…

  2. yah nanti deh kpn2 akan saya jelaskan. saya juga masih baru belajar joomla jd mari kita sama2 belajar..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: